Latest News

Saturday, November 19, 2016

Hati-hati Untuk Pengguna Iphone, Karena Apple Terbukti Memata-matai Penggunanya


Jakarta - Masalah keamanan di iOS tengah jadi sorotan. Salah satunya soal dugaan kuat tentang Apple yang dalam beberapa bulan terakhir ini memata-matai pengguna iPhone.

Seperti TCNews kutip dari Forbes, Sabtu (19/11/2016), produsen peranti hacking iPhone asal Rusia, Elcomsoft, mengklaim bahwa menyimpan call logs atau catatan panggilan telepon di perangkat iPhone dalam empat bulan terakhir.

Menurut CEO Elcomsoft, Vladimir Katalov, catatan panggilan telepon keluar dan masuk yang dilakukan pengguna iPhone, telah disimpan secara real-time di layanan iCloud. Yang mengkhawatirkan, fitur ini sifatnya otomatis dan tidak bisa dimatikan.

Selain panggilan telepon seluler, Apple juga menyimpan rekaman video call FaceTime para pengguna iPhone di iCloud. Panggilan lain yang juga disimpan otomatis ke iCloud adalah missed call dari WhatsApp Call dan Skype.

Seperti diketahui, iCloud memang secara otomatis menyimpan call logs, kontak, dan data penting lainnya sebagai backup pengguna. Namun Katalov mengingatkan bahwa pengguna iPhone harus waspada karena rekaman komunikasi mereka secara rutin dikirim ke server Apple tanpa izin yang jelas.

"Bahkan ketika fitur backup telah dinonaktifkan, catatan panggilan telepon itu tetap diteruskan untuk disimpan ke iCloud," cetus Katalov dalam laporan Forbes.

Sinkronisasi call logs antara perangkat dengan iCloud katanya terjadi secara real time, atau kadang bisa butuh waktu beberapa jam. Menurut Katalov, asal iCloud Drive sudah diaktifkan, maka tidak ada cara mematikan sinkronisasi.

"Walaupun iCloud Drive itu sedang tidak aktif," ungkapnya. Kemudian jika iCloud Drive dinonaktifkan, lanjut Katalov, maka beberapa aplikasi lain dalam iPhone akan tidak bisa digunakan, atau kehilangan fitur yang terkait iCloud.

Apple sendiri belum menanggapi tudingan mengejutkan ini. Namun dari dokumen yang ditulis Apple tercatat bahwa iCloud hanya menyimpan konten untuk layanan yang oleh pelanggannya dipilih untuk disimpan di akunnya, selama akun tersebut masih aktif. Namun, dokumen itu tidak menyebut bahwa catatan telepon juga ikut disimpan otomatis ke iCloud.

Comments
0 Comments

SUBSCRIBE

Berlangganan Yuk!

Daftar Melalui Email Untuk Info Terupdate Dari Telorcicak

TCNews Media